Sahabat Pena

Jumat, 17 Maret 2017

aku Bisa !



Teori Kecerdasan Ganda dan Penerapannya dalam  Pembelajaran
Kecerdasan seringkali dimaknai sebagai kemampuan memahami sesuatu dan kemampuan berpendapat. Dalam hal ini kecerdasan dipahami sebagai kemampuan intelektual yang menekankan logika dalam memecahkan masalah. Kecerdasan majemuk adalah teori yang dicetuskan oleh Howard Gardner, untuk menunjukkan bahwa pada dasarnya setiap individu memiliki banyak kecerdasan. Menurut Gardner, kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk mode yang merupakan konsekuensi dalam suasana budaya atau masyarakat tertentu.
1. Kecerdasan Bahasa
Kecerdasan bahasa berisi kemampuan untuk berfikir dengan kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengekspresikan arti yang kompleks. Contoh orang-orang yang memiliki kecerdasan bahasa yaitu Pengarang, Penyair, Wartawan, Pembicara, Pembaca berita.
2. Kecerdasan Matematis/Logis
Kecerdasan logis matematis memungkinkan seseorang terampil dalam melakukan hitungan, penghitungan atau kuantifikasi, mengemukakan proposisi dan hipotesis dan melakukan  operasi matematis yang kompleks. Contoh – contoh orang yang memiliki kecerdasan matematis logis adalah ilmuwan, matematikawan, akuntan, insinyur, dan pemrogram komputer
3. Kecerdasan Spasial
Orang yang memiliki kecerdasan spasial adalah orang yang memiliki kapasitas dalam berfikir secara tiga  dimensi. Contoh – contoh orang yang memiliki kecerdasan spasial  adalah pelaut, pilot, pematung, pelukis daan arsitek. Kecerdasan spasial memungkinkan individu dapat mempersepsikan gambar-gambar baik internal maupun eksternal dan mengartikan atau mengkomunikasikan informasi grafis.
4. Kecerdasan Kinestetik
Kecerdasan kinestetik tubuh adalah kecerdasan yang memungkinkan seorang memanipulasi objek dan cakap melakukan aktivitas fisik. Contoh-contoh orang yang memiliki kecerdasan kinestetik yaitu atlet, penari, ahli bedah, dan pengrajin.
5. Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal dibuktikan dengan adanya rasa sensitif terhadap nada, melodi, irama musik. Orang-orang yang memilki kecerdasan musikal yang baik antara lain ; komposer, konduktor, musisi, kritikus musik, pembuat instrumen dan orang-orang sensitif terhadap unsur suara.
6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan interpersonal adalah kapasitas yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat memahami dan dapat melakukan interaksi secara efektif dengan orang lain. Kecerdasan interpersonal akan dapat dilihat dari beberapa oranng seperti; guru yang sukses, pekerja sosial, aktor, politisi. Saat ini orang mulai menyadari bahwa kecerdasan interpersonal merupakan salah satu faktor yang sangat kesuksesan seseorang.
7. Kecerdasan Intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal diperlihatkan dalam bentuk kemampuan dalam membangun persepsi yang akurat tentang diri sendiri dan menggunakan kemampuan tersebut dalam membuat rencana dan mengarahkan orang lain.
8. Kecerdasan Naturalis
Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies-flora dan fauna di lingkungannya. Para pecinta alam adalah contoh orang tergolong sebagai orang – orang yang memiliki kecerdasan ini.
Contoh Penerapan Metode Kecerdasan Ganda :
1.      Menulis buku harian atau usahakan untuk menulis tentang apa saja yang ada dalam pikiran setiap harinya sebanyak 250 kata.
2.      berlatih menghitung soal-soal matematika sederhana di kepala.
3.      bekerjasamadengan satu orang atau lebih dalam sebuah proyek yang berdasarkan pada kesamaan minat
 Menurut teori MI, setiap siswa memiliki inteligensi yang mungkin berbeda. Siswa akan lebih mudah memahami pelajaran jika materinya disajikan sesuai dengan inteligensi yang menonjol dalam diri siswa. Misalnya, bila siswa menonjol dalam inteligensi musikal, ia akan mudah memahami mata pelajaran tertentu, misalnya biologi, jika dijelaskan dengan memasukkan unsur musik ke dalamnya. Jika siswa menonjol dalam inteligensi visual, ia akan lebih mudah menangkap pelajaran jika dijelaskan menggunakan bermacam-macam bentuk yang dapat diamati.



Presentasi kelompok hanina, vida dan lia
Kecerdasan ganda adalah potensi yang dimliki seseorang yang dapat diaktifkan melalui proses belajar dan interaksi dengan lingkungan.Faktor penting dalam implementasi ada guru, orangtua, kurikulum dan fasilitas, dan juga system panilaian. guru harus pintar mengenali kecerdasan individual dan juga cerdas dalam menerapkan pembelajaran. System penilaian yang digunakan tidak berorintasi pada proses tapi pada progress yang dicapai. Tokoh teori kecerdasan ini adalah gardner. Seseorang yang cerdas dapat menyelesaikan masalah dan menghasilkan produk atau karya. Manusia mempunyai kemampuan meningkatkan kecerdasan. Kecerdasan dapat diubah dan diajarkan kepada orang lain. Kecerdasan merupakan realitas majemuk yang ada pada bagian otak yang berbeda. Kecerdasan merupakan suatu kesatuan yang utuh dimana semua kecerdasan dapat dilakukan.
(-) Memiliki kontrofersi karena mencampur adukkan antara kecerdasan, keterampilan dan bakat. Lebih efektif untuk pembelajaran individu, dan buka massa karena kecerdasan individu berdea-beda. Membutuhkan fasilitas yang lengkap.
Bakat: potensi dan kepandaian yang dibawa sejak lahir. Faktor yang mempengaruhi bakat ada intelegensi, kreativitas, social, artistic, psikomotor dan keverdasan praktis sehingga konteks bakat lebih besar. Bakat merupakan sesuatu yang dimunculkan sebagai performance. Sehingga ahli music tidak bisa memunculkan bakatnya jika tidak memiliki intelligent musical. untuk  mengembangkan bakat harus terus dilatih.
Kecerdasan: istilah untuk sifat dalam kemampuan. Ada bawaan sejak lahir dan juga pengaruh lingkungan saat pertumbuhan.
Bakat dan kecerdasan merupakan performance predctor. Hal tersebut juga harus diperkuat (moderator) diantaranya kondisi lingkungan dan nonkognisi personal. Dorongan keluarga, gaya pendidikan, level pendidikan orangtua, reaksis social, interaksi, dll.
Guru dalam menyenali kecerdasan dapat dengan tes, kebiasaan, dan potensi siswa. Guru jangan melakukan pembelajaran system ceramah, tapi menggunakan tugas yang sesuai inovasi siswa. Misalnyamembuat suatu cara untuk memahami fotosintesis, dan carilah cara untuk membelajarkan kepada temanmu. 
“perkembangan kognisi tumbuh bersama perkembangan fisik” ketika umur semakin bertambah maka perbanyak belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar