Pembelajaran
Kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah model
pembelajaran yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran
kooperatif mempunyai beberapa tujuan, diantaranya adalah:
- Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik. Model kooperatif ini memiliki keunggulan dalam membantu siswa untuk memahami kosep-konsep yang sulit
- Agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belakang
- Mengembangkan ketrampilan sosial siswa, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, dan bekerja dalam kelompok.
beberapa
manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa dengan prestasi belajar yang rendah,
yaitu:
- Meningkatkan pencurahan waktu pada tugas
- Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
- Memperbaiki sikap terhadap IPA dan sekolah
- Memperbaiki kehadiran
- Angka putus sekolah menjadi rendah
- Penerimaan terhadap perbedaan individu menjadi lebih besar
unsur
dasar model cooperative learning, yaitu:
- ketegantungan positif
- pertanggung jawaban individual
- kemampuan bersosialisasi
- tatap muka
- evaluasi proses kelompok.
6. Langkah-langkah pembelajaran
kooperatif
Fase
|
Indikator
|
Kegiatan Guru
|
1
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai pada pelajaran tersebut, dan memotivasi siswa belajar.
|
2
|
Menyajikan
Informasi
|
Guru
menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan mendemonstrasikan atau melalui
bahan bacaan.
|
3
|
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana membentuk kelompok
belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
|
4
|
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
|
Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
|
5
|
Evaluasi
|
Guru mengevalusi hasil belajar tentang materi yang telah
dipelajari, atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
|
6
|
Memberikan
penghargaan
|
Guru
mencari cara-cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun
kelompok
|
keuntungan
penggunaan pembelajaran kooperatif. Diantaranya adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial.
- Memungkinkan para siswa saling belajar mengenai sikap, ketrampilan, informasi, perilaku sosial, dan pandangan-pandangan.
- Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial.
- Memungkinkan terbentuk dan berkembangnya nilai-nilai sosial dan komitmen.
- Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois.
- Membangun persahabatan yang dapat berlanjut hingga masa dewasa.
- Berbagai ketrampilan sosial yang diperlukan untuk memelihara hubungan saling membutuhkan dapat diajarkan dan dipraktekkan.
dalam tujuan pembelajaran kooperatif ini adalah membantu siswa untuk memahami kosep-konsep yang sulit. apasih contoh konkrit kosep-konsep yang sulit
BalasHapusbagaimana cara untuk membuat siswa menyukai sebuah kerjaa sama, sedangkan siswa tsb cenderung individual?
BalasHapus