Sahabat Pena

Kamis, 13 April 2017

Belajar Bersama Belajar Bermakna



Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tujuan, diantaranya adalah:
  1. Meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik. Model kooperatif ini memiliki keunggulan dalam membantu siswa untuk memahami kosep-konsep yang sulit
  2. Agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belakang
  3. Mengembangkan ketrampilan sosial siswa, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, dan bekerja dalam kelompok.
beberapa manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa dengan prestasi belajar yang rendah, yaitu:
  1. Meningkatkan pencurahan waktu pada tugas
  2. Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
  3. Memperbaiki sikap terhadap IPA dan sekolah
  4. Memperbaiki kehadiran
  5. Angka putus sekolah menjadi rendah
  6. Penerimaan terhadap perbedaan individu menjadi lebih besar
unsur dasar model cooperative learning, yaitu:
  1. ketegantungan positif
  2. pertanggung jawaban individual
  3. kemampuan bersosialisasi
  4. tatap muka
  5. evaluasi proses kelompok.
6.      Langkah-langkah pembelajaran kooperatif
Fase
Indikator
Kegiatan Guru
1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut, dan memotivasi siswa belajar.
2
Menyajikan Informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan mendemonstrasikan atau melalui bahan bacaan.
3
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
5
Evaluasi
Guru mengevalusi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari, atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
6
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok
keuntungan penggunaan pembelajaran kooperatif. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial.
  2. Memungkinkan para siswa saling belajar mengenai sikap, ketrampilan, informasi, perilaku sosial, dan pandangan-pandangan.
  3. Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial.
  4. Memungkinkan terbentuk dan berkembangnya nilai-nilai sosial dan komitmen.
  5. Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois.
  6. Membangun persahabatan yang dapat berlanjut hingga masa dewasa.
  7. Berbagai ketrampilan sosial yang diperlukan untuk memelihara hubungan saling membutuhkan dapat diajarkan dan dipraktekkan.

2 komentar:

  1. dalam tujuan pembelajaran kooperatif ini adalah membantu siswa untuk memahami kosep-konsep yang sulit. apasih contoh konkrit kosep-konsep yang sulit

    BalasHapus
  2. bagaimana cara untuk membuat siswa menyukai sebuah kerjaa sama, sedangkan siswa tsb cenderung individual?

    BalasHapus