Sahabat Pena

Selasa, 31 Januari 2017

Kurikulum Jembatan Kesuksesanku



              Di dalam alam semesta terdapat matahari yang menjadi sumber kehidupan. Di dalam tubuh manusia terdapat jantung sebagai pusat kehidupan. Begitu juga di dalam pendidikan terdapat pusat kehidupan seperti matahari dan jantung yakni kurikulum. Kurikulum merupakan rencana pembelajaran dan juga pedoman pelaksanaan pendidikan. Dapat dikatakan bahwa kurikulum merupakan jalan pacu bagi pendidikan. Kurikulum sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan harus membawa pesan dalam pelaksanaannya, baik nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, sosial, dan lain sebgainya.
              Dalam menjalankan kurikulum semua unsur pendidikan harus mengetahui  tujuan dari dia belajar dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Seseorang harus terlebih dahulu sadar bahwa belajar merupakan nafas dan makanan bagi kehidupan. Dengan mengetahui pentingnya belajar, seseorang akan bisa menjalankan kurikulum dengan baik yang sesuai pancasila sehingga  tujuan pendidikan dapat tercapai. Sangat disayangkan bahwa di Indonesia ini masih sangat sedikit yang sadar akan pentingnya proses dalam belajar. Masyarakat Indonesia yang masih menjadi individu yang belum produktif, kreatif dan inovatif menyebabkan kalah bersaing dengan negara maju. Masyarakat indonesia berubah menjadi manusia yang konsumtif.
Sudah saatnya Indonesia harus BANGUN dan SADAR. Indoesia harus memahami Indonesia. Dengan bisa memahami jati diri dan sifat atau karakter bagsa Indonesia kurikulum bisa dibuat sesuai kebudayaan bangsa Indonesia. Dengan menjadi diri sendiri mari kita bertransformasi menjadi manusia unggul dan berintelektual tinggi dengan berlandaskan keimanan. PENDIDIKAN INDONESIA HARUS BERBASIS PADA KULTUR INDONESIA.
Resume mengenai kurikulum pendidikan ini saya kerjakan sendiri. Pertama-tama saya baca, saya fahami, kemudian apa yang telah saya fahami saya tulis dalam resuman ini. Tidak banyak yang saya tuliskan karena saya mematuhi apa yang bapak Hadi dawuhkan bahwa tuliskan apa yang kamu fahami dan jangan Copy paste. Semoga apa yang hari ini saya pelajari dapat bermanfaat. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar